Manfaat Sodium Hydroxide yang terkandung didalam sabun kecantikan




Apa itu Sodium Hidroksida?

Kebanyakan orang berpikir Lye/sodium hidroksida berbahaya dalam pembuatan sabun ini berbahaya. Jawabannya berbahaya selama pembuatan dan harus hati-hati dengan penggunaan kaca pengaman (untuk mata), sarung tangan (tangan), masker (mulut). Meskipun ia disebut dalam nama natrium hidroksida, itu terbuat dari garam + air + listrik. Jadi perlu menggunakan tindakan keamanan saat melakukan pekerjaan sabun. Lye adalah bahan wajib yang dibutuhkan untuk komposisi sabun.

Ada pertanyaan yang menanyakan, bahaya atau tidak ketika sabun dibuat dengan sodium Hidroksida? Jawabannya tentu tidak berbahaya. Karena proses saponifikasi mengubah trigliserida (minyak atau lemak) dicampur dengan alkali akan menjadi sabun (asam lemak natrium garam) dan gliserin (zat alami membuat sabun lunak saat digunakan pada kulit.

Setelah selesai pembuatan, sabun bersangkutan tidak bisa terus di gunakan tetapi harus melalui proses curing / proses pengerasan (menunggu proses kimia saponifikasi selesai sehingga tidak ada lagi bahan (Lye) di dalam sabun. Jadi biasanya setelah 4 - 6 minggu sudah bebas dr lye Sodium Hydroxide (Lye) dan Sodium Laureth Sulfate (SLS) berbeda. SLS adalah zat kimia non-alami.
Sebelum memulai pembuatan sabun, harus ada rumus untuk menghitung berapa banyak penggunaan Lye dalam pembuatan sabun.




FORMULA
Noah / Lye perlu menggunakan:
(A kuantitas minyak x SAP) + (B kuantitas minyak x SAP) + minyak kuantitas C x SAP) = total naoh perlu digunakan

Ini adalah resep sabun minyak zaitun yang biasa digunakan:
Minyak zaitun 380 gram x 101 INS (Kekerasan sabun) = 50,92 gram

Minyak kelapa 60 gram x 256 = 11,40 gram

Minyak sawit 60 gram x 147 = 8,46 gram

= Minyak 500 gram = Lye 70.78 gram

Jumlah Air: Jumlah Lye 71g x 2,5 = 177,5 gram air

Minyak Atsiri 3% - 5%


Dalam pembuatan sabun, NaoH/lye dan trigliserida akan berubah menjadi senyawa lain, yaitu sabun dan gliserol. Artinya, setelah sabun sempurna, sabun tidak lagi mengandung Lye / NaoH secara langsung!. Sabun sangat nyaman untuk kulit manusia. Jika ada yang menawarkan sabun alami tanpa Lye emmmm .... jangan percaya. Karena ketika kita bertemu diri dari awal produksi akhir kita harus memiliki zat bernama Lye/sodium Hidroksida.
sumber

Share:

No comments:

Post a Comment

serba serbi

Recent Posts

sabun black carbonz

SABUN JERAWAT BLACK CARBONZ AMPUH UNTUK KESEHATAN KULIT KELUARGA

AMAN DIGUNAKAN UNTUK KULIT BERBAGAI USIA DAN BALITA
*hindari mata

JOIN - TANYA - ORDER
(0857 6797 8163)